Rabu, 09 Juni 2010

POSSESSION

Ada yang bilang kalau pada saat orang baru saja meninggal, arwahnya masih berada di sekitar jasadnya sampai ia dikebumikan. Pada kasus tertentu, arwah orang yang meninggal berusaha untuk masuk kembali ke alam manusia dengan cara merasuki jasad orang lain. Benar atau tidak tapi yang jelas Jess (Sarah Michelle Gellar) sempat mengalaminya.

Awalnya, Ryan (Michael Landes), suami Jess mengalami tabrakan dahsyat dengan Roman (Lee Pace), saudaranya. Keduanya dapat diselamatkan meski tak sadarkan diri dan jatuh koma selama beberapa waktu. Jelas saja kecelakaan ini membuat Jess sangat kalut. Ia tak tahu bagaimana nasib suaminya yang sedang dalam keadaan koma dan tak ada yang bisa memastikan kalau Ryan bisa selamat.

Tak lama berselang, Roman tersadar dari koma sementara Ryan masih tetap tak sadarkan diri. Anehnya, Roman yakin kalau dirinya adalah Ryan dan membuat Jess ketakutan setengah mati. Bisa jadi arwah Ryan berusaha kembali ke dunia untuk menemui Jess dengan cara masuk ke jasad Roman, tapi bisa jadi ada makhluk lain yang sedang mengambil alih jasad Roman dan tak satupun bisa dipastikan.

Dari tema yang diangkat saja sudah terlihat kalau film ini adalah remake dari film Asia. Nyatanya, POSSESSION ini memang dibuat berdasarkan film Korea berjudul ADDICTED yang muncul di tahun 2002 lalu. Memang ada sedikit 'penyesuaian' agar film ini bisa lebih terasa sebagai film Hollywood namun pada dasarnya tetap saja aroma Asia tercium kuat pada film ini.

Sebagai sebuah film thriller berbau supernatural, POSSESSION ini tak bisa dibilang sebuah standout di antara film-film yang menawarkan konsep serupa. Formula yang digunakan dua sutradara, Joel Bergvall dan Simon Sandquist terbilang generik. Bukannya menguatkan alur kisah agar ketegangan terbentuk dengan sendirinya, dua sutradara ini masih tetap mengandalkan kejutan visual untuk membangun tensi alur cerita.

Akting para pemerannya pun tak bisa dibilang sangat memuaskan. Sarah Michelle Gellar sebagai seorang istri yang ketakutan sekaligus bingung dan di antara sekian banyak pemeran hanya Lee Pace yang memerankan Roman yang terlihat paling menarik. Peralihan dari Roman yang kejam menjadi Roman yang dirasuki identitas Ryan berjalan mulus dan cukup meyakinkan.

Visual, barangkala, adalah titik kekuatan POSSESSION. Sudut pengambilan gambar cukup menarik dan menghibur mata. Tak lebih dari itu. Tidak terlalu mengherankan juga kalau film ini lantas dirilis straight to DVD mengingat banyaknya kelemahan yang membuatnya berisiko terpuruk di box office

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar