Minggu, 30 Mei 2010

Masakan Sehat Pun Bisa Enak

Kita semua pasti menginginkan asupan makanan yang sehat, namun kadang sulit untuk membuatnya, bahkan hasilnya pun hambar. Mulai dari berbelanja, persiapan, hingga memasaknya, wah, repot. Namun, sebelum Anda mengambil jalan pintas dan membeli makanan di restoran cepat saji yang mengandun lemak tinggi, kalori tinggi, atau makanan tak sehat lainnya. Ketahuilah tips-tips untuk memasak makanan sehat berikut.

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk pindah aliran ke "pengikut" makanan sehat, selalu rencanakan menu makanan Anda sejak jauh-jauh hari. Berbelanjalah makanan sehat Anda sejak jauh-jauh hari. Saat akan berbelanja makanan sehat, penuhi perut Anda dengan makanan sehat. Karena saat berbelanja dan melihat makanan tinggi kalori akan sangat menggoda, membuat Anda merasa tertarik dan tergoda untuk mencicipi, tapi jika Anda berangkat dengan perut kenyang, godaan itu akan lewat.

- Jika Anda ingin menyimpan waktu dan uang, cobalah untuk membuat menu makan malam dengan porsi dua kali lebih banyak. Sebelum dimakan, bagi dua, dan simpan sebagian di dalam lemari pendingin. Hangatkan kembali makanan tersebut untuk dikonsumsi keesokan harinya sebagai sarapan.

- Yang simpel lebih baik. Hindari resep makanan yang terlalu banyak langkah dan bahan baku. Yang paling aman, daging bakar tanpa banyak rasa, makanan kukus, atau makanan yang dipanggang tanpa banyak bumbu.

- Kurangi asupan lemak. Belilah daging yang tipis, sebisa mungkin sisihkan lemak yang terlihat sebelum dimasak. Daging giling seharusnya 95 persen lebih rendah lemak. Coba ganti daging sapi dengan daging kalkun, memang lebih mahal, namun lebih sehat.

- Pilih alat masak antilengket. Saat ini, ada banyak alat memasak antilengket untuk memanggang, saute, bahkan untuk membuat sup. Alat masak antilengket membantu Anda mengurangi penggunaan minyak, dan memilih bahan lain sebagai penggantinya, seperti wine, air, dan jus buah.

- Pilih perasa, jangan lemak. Panggang, bakar-bakar, dan rebuslah protein Anda. Ketimbang ditimpa dengan mentega atau margarin, kurangi mengasup lemak jenuh dengan menggunakan kaldu, white wine, atau jus jeruk. Hindari resep yang menggunakan saus atau gravy yang pekat.

- Rasa manis yang natural. Amat mudah untuk mengurangi lemak yang berasal dari gula di resep Anda. Ganti setengah minyak dengan saus apel atau puree buah untuk membuat cake atau muffin yang lembab dan manis.

- Jangan berlebihan dengan produk susu. Whole milk mengandung 1 gram lemak jenuh per onsnya. Ganti produk susu dengan susu tanpa lemak atau 1 persen, ini termasuk untuk susu siap minum, keju, dan yoghurt. Susu tanpa lemak yang diuapkan (nonfat evaporated) memiliki konsistensi krim dan bekerja baik sebagai susu rendah kalori untuk pengganti susu krim pada saus, pie, juga tambahan pada teh dan kopi. Dalam semua resep, dua putih telur bisa diganti dengan 1 telur utuh.

- Pencuci mulut yang sehat. Suka makanan manis tapi tak ingin dihantui rasa bersalah? Anda bisa mengganti bahan-bahan yang "berbahayanya", misal, ganti keju rendah lemak dengan susu whole milk. Ketika resep yang ingin Anda buat menggunakan krim asam, coba ganti dengan yoghurt tawar tanpa lemak ala Yunani yang sudah ada banyak dijual di toko-toko supermarket.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar