Jumat, 30 April 2010

Kecil Bentuknya, Besar Manfaatnya

Mungkin sepertinya sepele, tapi mengudap kacang ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh. Kacang adalah asupan sehat. Dengan mengonsumsi 42 gram kacang atau segenggam penuh setiap hari, ternyata dapat mengurangi risiko serangan jantung dan diabetes. Berikut adalah tiga jenis kacang yang biasa dikonsumsi, dan masing-masing manfaatnya.

1.Almon
Dibandingkan kacang-kacang lain, almon mengandung lebih banyak nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan. Kebanyakan orang mengonsumsi almon karena rasanya yang gurih, namun dan tak menyadari khasiatnya. Kandungan polifenol pada almon baik untuk kesehatan jantung manusia. Mengonsumsi 30 gram kacang almon setara dengan secangkir teh hijau atau setengah cangkir brokoli kukus.

2.Hazelnut
Kacang ini sarat akan vitamin E yang dikenal sangat bermanfaat untuk sistem reproduksi. Tak hanya itu, vitamin E dalam kacang jenis ini juga penting untuk kesehatan otot jantung dan otot-otot lain di seluruh tubuh kita, juga dapat mencegah terjadinya disintegrasi sel darah merah. Ini baik untuk mencegah anemia dan mencegah faktor-faktor pemicu kanker. Tak hanya itu, kandungan asam amino arginine dalam kacang jenis ini bisa membantu melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Untuk mencegah penyakit jantung dan kanker, bisa dengan mengonsumsi 25 gram hazelnut setiap harinya.

3.Pistachio
Selain rasanya yang gurih, garing dan renyah, kacang pistachio bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah hingga 12 persen, ini terbukti dari penelitian Pennsylvania State University di Amerika Serikat, belum lama berselang. Kandungan potasium dan magnesium dalam pistachio juga baik bagi kesehatan jantung manusia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar