Rabu, 21 April 2010

Sampah Everest Dibersihkan

Sebanyak 20 pendaki Nepal akan mendaki Gunung Everest pekan ini dan berniat menghilangkan sampah-sampah berusia puluhan tahun dari gunung tertinggi itu.

Banyak pemanjat asing dan Nepal telah membersihkan Gunung Everest pada masa lalu. Namun, Namgyal Sherpa, pemimpin Extreme Everest Expedition 2010, mengatakan, tidak ada seorang pun yang berani membersihkan sampah-sampah pada ketinggian di atas 8.000 meter. Kawasan itu dikenal sebagai zona kematian karena tipisnya oksigen dan tebing berbahaya.

Sherpa dan timnya membawa ransel kosong dan tas khusus untuk membersihkan sampah di kawasan tipis udara serta temperatur beku. Tujuan mulia mereka adalah memungut botol oksigen kosong, botol gas, tenda lapuk, serta tali dan perlengkapan lain di South Col dan puncak yang tingginya 8.850 meter di atas permukaan laut.

”Jelas ini merupakan pekerjaan yang sulit dan berbahaya. Sampah itu pasti sudah terkubur di bawah salju, tetapi sekarang sudah muncul ke permukaan karena salju mencair akibat pemanasan global,” ujar Sherpa yang telah memanjat Everest sebanyak tujuh kali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar