Kamis, 22 April 2010

Mau Lebih Sehat, Duetkan Makanan Anda!

Sinergi makanan, kata David R Jacobs, PhD, profesor epidemiologi University of Minnesota, AS, terjadi ketika dua atau lebih nutrisi bekerja sama mencapai kesehatan yang lebih baik.

Sinergi atau duet itu justru lebih bermanfaat dibandingkan dengan jika makanan itu bersolo karier. Contohnya, sup brokoli dan tomat lebih baik dalam menghalau kanker prostat daripada hanya tomat.

Berikut ini contoh duet makanan sehat:

1. Kalsium dan Vitamin D
Dalam mencegah osteoporosis, vitamin D adalah kolaborator yang baik untuk kalsium. “Vitamin D adalah regulator utama penyerapan kalsium untuk tulang,” kata Steven Pratt, MD, penulis buku Super Foods Health Style: Proven Strategies for Lifelong Health. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh menyerap kalsium 65 persen lebih sedikit. Kombinasi dua nutrisi ini, kata peneliti Harvard Medical School, menurunkan risiko kanker payudara hingga 30 persen pada wanita pramenopause.
Contoh duet sehat: yoghurt dan salmon.

2. Karbohidrat dan Protein
Kedua nutrisi ini penting diasup sehabis olahraga. “Penelitian membuktikan, asupan karbohidrat dan protein sehabis olahraga mempercepat pemulihan otot dan mencegah penurunan kekebalan,” ujar Monique Ryan, ahli gizi olahraga dan penulis buku Nutrition for Endurance Athlete.
Contoh duet sehat: tempe dan kentang.

3. Zat besi dan vitamin C
Jika Anda vegetarian, Anda bisa menggantungkan diri pada tahu, kacang-kacangan, dan bayam untuk mendapatkan zat besi. Ini bisa menyelamatkan Anda dari kandungan lemak jenuh dalam daging. “Sebenarnya tubuh menyerap 20 persen lebih sedikit zat besi dari tanaman. Kecuali ada zat gizi lain yang membantu penyerapan zat besi, yaitu vitamin C,” kata Georgianna Donadio, PhD, Program Director National Health Institute of Whole Health in Massachusetts. Zat besi ini baik untuk memperbaiki memori. Fungsi itu jadi bertambah baik dengan penambahan vitamin C.
Contoh duet sehat: jus jeruk dan bayam.

4. Lemak dan karotenoid
“Lemak tak jenuh memfasilitasi pembentukan membran-membran sel yang sehat,” ujar Donadio. Menambahkan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun ke dalam salad dapat meningkatkan khasiat antikanker, antioksidan kelas tinggi seperti karotenoid dalam tubuh Anda.
Contoh duet sehat: salad sayuran dan minyak zaitun.

5. Folat dan vitamin B6
Bersama vitamin B12, kedua vitamin ini bekerja mencegah peningkatan homosistein. Homosistein dikenal menyebabkan penyakit jantung, alzheimer, dan osteoporosis. Contoh duet sehat: bayam dan alpukat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar